sweet20 antara cinta keluarga dan tawa

Sweet20 : Antara Cinta Keluarga, dan Tawa

 

Singkawang, 28 Juni 2017

Suasana libur panjang dari pekerjaan telah tiba. Liburan saya tahun ini pergi ke Singkawang, Kalimantan Barat bersama keluarga sahabat. 7 hari disana membuat saya begitu senang, berkumpul bersama teman lama, bermain futsal, dan yang paling tidak bisa dilupakan adalah nonton film bareng bernama Sweet20.

Sayangnya tiket film tersebut difoto melalui InstaStory, jadi gak dapet deh saya tampilkan disini. Namun yang masih menjadi ingatan sampai sekarang adalah pesan Antara Cinta Keluarga, dan Tawa yang diberikan oleh keluarga Nenek Fatmawati yang diperankan oleh Niniek L Karim.

Sebagai seorang nenek, tentunya memiliki peran yang begitu besar buat keluarga. Apalagi seorang nenek tersebut tentunya sudah memiliki pengalaman mengasuh seorang anak.

Suasana lebaran yang menyelimuti kebahagian nenek sirna, ketika mertua dan cucunya Luna menginginkan nenek untuk dipindahkan ke panti Jompo.

Nenek mendengar percakapan keluarga yang dikepalai oleh Adhitya (anaknya). Nenek menagis, kemudian pamit dari rumah dengan meninggalkan sebuah surat.

Kesedihan nenek diperjalanan pergi entah kemana tanpa arah tujuan, menemukan sebuah studio photo tua yang aneh. Nenek berkata foto ini suatu saat nanti bisa berguna untuk foto terakhir di pemakaman nanti. Namun siapa sangka, juru foto tersebut berkata bahwa nenek akan menjadi lebih muda 50 tahun.

sweet20 fatmawati

Dan …. Blast ! Cahaya putih menyambar, mengubah nenek menjadi lebih muda berusia 20 tahun (yang diperankan oleh Tatjana Saphira). Menjadi seorang gadis muda, ceria, dan cantik rupawan. Namun seketika itu, nenek belum dapat menyadari bahwa dirinya telah kembali muda.

Kembali diperjalanan, nenek diganggu oleh 3 pria jalanan yang tak dikenal menganggu nenek Fatmawati. Nenek dengan sigap langsung melawan, seraya seorang nenek-nenek seperti pada umumnya. Tegas, beribawa, dan sedikit menakutkan.

Melanjuti perjalanan nenek, kali ini dia menaiki sebuah bis. Didalam bis tersebut, nenek diganggu oleh 2 pria tak dikenal lagi.

Keisengan-pun mulai terjadi dengan perkataan-perkataan jangan menganggu, emangnya kamu ini tidak tahu umur saya berapa ? – sang pria terus menjawab salah, karena nenek merasa belum menyadari bahwa dia telah kembali menjadi wanita yang masih sangat muda.

Kemudian, nenek Fatma melihat kaca bis lalu berteriak. ‘Aaaaaaaaaaaaa !!! – sontak nenek terkejut. Nenek pun langsung turun dari mobil.

Dipagi hari, terbangun dari mimpi buruknya yang tertidur dikursi penggiran jalan, membuatnya terbangun. Merasa ada yang berbeda dari dirinya, dia kini yakin bahwa dia benar-benar telah kembali menjadi muda.

Mencari tempat tinggal, nenek Fatma mendiami kos ditempat sahabat mudanya bernama Hamzah (Slamet Rahardjo), demi menutupi identitasnya, nenek mengenalkan namanya sebagai Mieke Wijaya (nama artis idolanya).

Dengan usia yang berubah drastis, Mieke memanfaatkannya untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang penyanyi dan memperbaiki hubungan dengan keluarga dan orang terdekatnya.

sweet20 tatjana saphira dan kevin julio

Huff, setelah menonton film ini, dari sinilah saya pertama kali tahu bahwa film ini merupakan film adaptasi dari film-film serupa lainnya. Yakni dari Miss Granny (Korea Selatan), ada juga dari China melalui 20 Once Again, Jepang melalui Ayashii Kanojo, Thailand melalui Suddenly 20, dan Vietnam dengan judul yang sama Sweet20, dan akan segera hadir juga dari Filipina.

Film yang sukses besar ini, terutama di Indonesia memang tidak banyak yang saya ketahui dari film versi lainnya. Dari komentar yang saya dapatkan di Instagram nonton versi Koreanya lebih seru.

Namun menurut saya, orang Indonesia yang kini sedang ngetrendnya dunia komedian, film Sweet20 ini mendapatkan sensasi yang luar biasa. Apalagi saya pribadi, saking seriusnya cuman pengang hape 1 kali untuk melihat jam saja. Hahaha…

Dari sini jugalah saya mengenal artis Tatjana Saphira, komedian, dan beberapa artis lainnya. Dan yang pastinya, dari sini juga saya sangat menyenangi lagu-lagu lawas yang nyayikan cover oleh Tatjana Saphira, seperti Payung Fantasi, Bing, Layu Sebelum Berkembang, dan lagu khusus Meraih Asa.

Asik dah pokoknya, pengen nonton lagi bila ada kesempatan ^_^

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *